Sunday, May 27, 2012

Menginstall Oscommerce dengan Filezilla


Pada artikel terdahulu, pada topic bisnis. Maka selanjutnya saya akan membuatnya dengan Oscommerce. OsCommerce merupakan salah satu platform gratis' yang begitu populer u/ membuat 'tokoonline dengan OsCommerce. Mempunyai akses internet dapat membuat toko online dengan sangat  mudah, dan tanpa harus memiliki kemampuan seorang programming. 'Berjualan di internet pun dapatt dilakukan siapa saja, asalkan memiliki akses internet yang memadai.
Disini saya akan menginstall Oscommerce dengan bantuan software "FTP(File Transfer Protocol)" dan file yang digunakan adalah Filezilla yg bisa di download gratis di www.filezilla-project.org.

Berikut ini adalah cara instalasi tokoonline OsCommerce dengan Filezilla:

Belilah domain yang kalian inginkan untuk toko online kalian beserta layanan hostingnya. Kebetulan saya sudah menyiapkan domain dan hosting. Dan saya menggunakan layanan web hosting dari dapurhosting, setelah saya konsultasi dengan dapurhosting tentang cms apa yang cocok dengan hosting dan domain saya, lalu saya disarankan menggunakan Oscommerce.

Download OsCommerce dari www.oscommerec.com
OsCommerec versi 2.3.1. Unzip package yang telah di download, maka kita akan mendapatkan 2 folder: catalog & extras,beserta manual penggunaan OsCommerce.


Buatlah database u/ toko online OsCommerce anda.
Caranya masuk ke control panel website. Biasanya dengan cara mengetikkan alamat: domainkalian.com/cpanel. Kemudian masuk ke menu Database –> My SQL. Klik tombol “create database”, maka kalian akan diminta memasukkan nama database, nama user & password.






Lalu upload hasil download oscommerce satu per satu, lihat gambar berikut:
Masuk ke filezilla, masukan nama hosting,user name dan password lalu klik Quickconnect
Upload seluruh isi folder “catalog” yg kalian dapat setelah melakukan unzip pkt oscommerce pada langkah di atas.
Perhatian : yang harus di upload adalah semua file & folder yg ada dalam folder “catalog” tetapi "TIDAK TERMASUK FOLDER" 'catalog”nya sendiri. Jika yg kalian upload termasuk folder 'catalog”,maka alamat toko online kalian akan menjadi 'www.domainkalian.com/catalog/.


Stlh upload finish, so,,,,kita siap u/ mulai installasi 'oscommerce'. Tapi sebelumnya msh ada satu hall lagi yangg mesti dilakukan, yaitu merubah 'chmod 2 file berikut dari "644" mnjadi "777", sebagaimanna disyaratkaan dlm manualbook oscommerce (documentatio.pdf, yg didownload bersm paket oscommerce) hal 5 :
- file configure.php yang ada di folder include/
- file configure.php di folder admin/include/
Merubah 'chmod 644 menjdi 777 dpt dilakukan melalui Filezilla. Sorot file yang akan diubah chmod'-nya. Klik kananmouse, kemudian pilih “File permissions…


Sekarang saatnya mulai installasi, caranya : ketikkan nama domain tokoonline kalian di browser internet yang udah terkoneksi, misalkan www.domainkuu.com. Maka paket oscommerce yg sudah diupload ke hosting server akan mulai menjalankann proses installasi, lihat gambar berikut :


Jika setting hosting server kalian sdh benar semua, klik “Continue” seperti gambar di bawah ini :


Isikan data username, password dan nama database yang sudah dibuat
Klik “Continue”, maka akan muncul




Dialog box tsb memberitahukan alamat TokoOnline oscommerce kalian pd saat nanti installasi sudah selesai. Langsung aja klik “Continue”.

Berikutnya kalian diminta memasukkan data informasi toko online yang sedang kalian buat. Masukkan data tsb dalam dialog box seperti berikut :



Admin username dan passwordd diperlukan u/ masuk ke admin area tokoOnline kalian, yg bisa diakses melalui alamat www.domainkalian.com/admin/. Admin area ini berfungsi untuk memasukkan data barang2 produk yg dijual beserta dengan info tentang tokoOnline kalian.
Klik “Continue”, maka selesai sudah installasi TokoOnline Oscommerce, dan akan muncul gambar berikut :


Selanjutnya jika diklik “Catalog”,kalian akan dibawa ke halaman muka TokoOnline Kalian yang tampilannya masih asli (default oscommerce) seperti gambar di bawah ini :


Sementara tombol “Administration Tool” akan membawa kalian ke admin area yg tampilannya seperti gambar di bawah ini :




Kini kalian sudah siap berjualan lewat internet dgn cara memasukkan produk2 yg akan dijual melalui admin area
Tetapi kalo kalian lihat, tampilan toko online oscommerce yg ada di website kalian masih sangat sederhana. Ini adl default tampilan dr oscommerce. U/ meng ubah tampilan TokoOnline agar lebih mennarik, ada 2 cara yang bisa dilakukan :

  • Mengganti template oscommerce. Mendapatkan template oscommerce yg gratis maupun yang bebayar.
  • Edit sendiri scrip Oscommerce sehingga mendapatkann tampilan tokoonline yg sesuai keinginan kita.
Jadi,,, buat kalian silahkan mencoba,,
Berikut hasil yang sudah saya udat-edit sendiri Silahkan klik disini




0 komentar:

Post a Comment