Sunday, March 18, 2012

5 Search Engine NonLokal


GOOGLE.COM
Google suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pencarian internet (serach engine) dan iklan online. Yang punya karyawan ampe 19.604 orang (wwiihhh… buanyak broo). Google itu sendiri didirikan oleh Larry page dan Sergey Brin (masih inget kan sama artikel aku yang berjudul “10 orang yang sukses bisnis online) nah nih dia nih salah satunya. Didirikan pada 04 September 1998 yang merupakan perusahaan saham pribadi. Jangkauan perusahaan ini luas mulai dari email yang berbasis web, pemetaan yang online, produktivitas perusahaan dan tukar video.
Google tempati traffic pertama loh….!!

Analisis :
1.       Karakteristik
-          Jumlah kata yang dicari tidak pernah dihitung
-          LSI merupakan algoritma yang di pakai google, LSI itu sendiri adalah algoritma disesuaikan dengan keyword dan lebih ke frase & sinonim sesuai dengan kata yg diinginkan
-          Judul blog atau website tidak penting
-          Domain lama lebih dipercaya
2.       Searching
-          Bisa mencari website yang ada diseluruh dunia
-          Bisa mencari info tentang suatu alamat (kota) di seluruh dunia.
-          Layanannya pun bukan sekedar web, ada image, terjemahan, dan search book.
3.       Indexing
Google top rank number 1 didunia, so pasti jangkauan situsnya milyaran di dunia. Wahh… pokoknya sempurna deh and lengkep abisss…
4.       Penghasilan
So pasti banyak yang dapat diberikan sama google, 99% pendapatan dari hasil iklan (google addwords)

YAHOO.COM
Yahoo adalah salah satu mesin pencari yang menduduki peringkat ke-2 setelah google. Akhir2 ini, yahoo berkembang secara cepat dan mempunyai harga untuk memasuki, dengan itu dapat sebuah daftar di directorinya aja sudah punya nilai tinggi. Nah sebenernya yahoo yang sering dibicarain sama kalangan banyak orang yaitu sebuah email. Tempat kita mengirim dan menerima pesan data secara cepat.
Analisis :
1.    Karakteristik
-          Mesin pencari yang dinamakan My Web2.0 yang dilengkapi dengan penambahan komunitas kata yang akan dicari
-          Mengarahkan pencarian berkualitas tinggi dengan isi web yang relevan
-          Tidak terlalu aktif dalam hal indexing konten
-          Google masih dipergunakan dalam mencari informasi  yang udah digabung sma database
2.       Searching
Tidak beda jauh dengan google, yahoo juga menyediakan news, web, image, dan movie trs ada yellow page n peta yaa,,, tapi msh sebatas amerika.
3.       Indexing
Melakukan kerja sama dengan google, untuk mengindexkan suatu situs. Serta dalam pencarian situs dengan ditambahkan database yang udah ada di yahoo.
4.       Penghasilan
Dari iklan, bisa dilihat dari halaman depan yahoo…

BING.COM
Bing adalah salah satu search engine yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia, dalam pencarian web. Bing sendiri ternyata masih ada dibawah naungan dari Microsoft, dengan teknologi power set digunakan sebagai konsep dari bing dalam hal pencarian situs, agar hasil yang diperoleh akurat, search engine yang digunakan ada beberapa kategori yaitu : news, web, image,dan xRank
Analisis :
1.     Karakteristik
-          Kata yang dimasukan dalam pencarian dibatasi hanya 350 kata
-          LSI algoritma yang digunakan Bing
-          Judul blog lebih diutamakan
-          Domain lama lebih dipercaya
2.     Searching
      Sama seperti yang lain Bing bisa mencari web, image, video, news, dan bisa mencari xRank.
3.     Indexing
      Lebih sedikit dibandingkan dengan google
4.     Penghasilan
      Iklan masih menjadi pendapatan utama

MSN.COM
Awalnya MSN dikuasai oleh Yahoo, mereka juga mempunyai niat untuk memiliki pencarian product tsb pada tahun 2004 dan sudah menyebarkan beberapa dari dokumen penelitian, tanpa dibanu dengan algoritma.
Bagian – bagian dari MSN yaitu : Windows live Hotmail, Windows Live Messenger, My MSN, Microsoft Internet Explorer 8, MSN News, MSN Maps, dan Referensi
Analisis :
1.         Karakteristik
-          Menggunakan kata kunci dalam pencarian
-          Menyimpan data dari sebuah website
2.         Searching
Seperti biasa ada news, web, image, dan video
3.         Indexing
Didapat dari situs lain dengan cara mengindexkan dirinya sendiri untuk mesin pencariannya
4.         Penghasilan
MSN mendapatkan pendapatan dari iklan

ASK.COM
ASK.com adalah search engine yang kabarnya lagi melakukan perbaikan pada situsnya untuk menambah popularitasnya. Dalam hal pencariannya agar lebih cepat dan relevan.
Analisis :
1.       Karakteristik
-          Data yang diperoleh hasil dari copy sebuah blog
-          ASK.com mempunyai database sendiri untuk menyimpan datanya
-          Kata kunci menjadi alat penghubung dalam pencarian data

2.       Searching
Sama seperti yang lain ada news, web, image, video, juga dapat mengajukan pertnyaan dan akan mencarinya di databse sendiri.
3.       Indexing
Mengindexkan situsnya sendiri kepada situs2 yang lain untuk search engine nya
4.       Penghasilan
Didapat dari iklan, tapi kabarnya Ask mau ditutup dan diganti sama mesin penjawab online.





0 komentar:

Post a Comment